Sabtu, 06 Juli 2013

Mengatasi Komputer Yang Mengeluarkan Garis-Garis pada monitornya


Mengatasi Komputer Yang Mengeluarkan Garis-Garis pada monitornya
Setelah kemarin blogsolu memberikan tutorial tentang Cara Mengganti RAM Komputer, Kali ini blogsolu akan memberikan tutorial tentang cara Mengatasi Komputer Yang Mengeluarkan Garis-Garis pada monitornya. Tutorial ini saya berikan berdasarkan pengalaman saya sendiri yang pernah mengalami komputer yang mengeluarkan garis - garis pada monitornya.

Mungkin tutorial ini bisa anda praktek kan sendiri bila mana anda mengalami masalah komputer yang mengeluarkan garis - garis. Sekitar dua bulan yang lalu saya mengalami masalah pada komputer yang mengeluarkan garis - garis, garisnya itu kalo gak salah berwarna orange dan biru (kalo salah maaf, soalnya saya agak buta warna) :D.

Pada saat itu saya telah mencoba mengganti monitor dari komputer saya, dan ternyata hasil nya sama saja, tidak ada perubahan, Karna saya lumayan ngerti soal komputer, saya mencoba untuk membuka kesing dari CPU dan membersihkan semua isi dalam CPU saya (maksud nya kotorannya saja). Lalau saya mencoba untuk menghidupkan komputer itu kembali, ternyata tetap saja mengeluarkan garis - garis.

Tentu saya yang ber-latar belakang pendidikan nya komputer, saya langsung menghawatirkan VGA komputer saya. Dan ternyata dugaan saya itu benar, setelah saya membeli VGA card dengan harga 450 rb, Komputer saya telah kembaki normal.

Nah disini saya akan mencoba untuk memberikan tutorial yang wajib anda baca, bila anda mengalami masalah seperti saya.

1. tutorial yang pertama yaitu : Seperti pada cerita saya diatas, anda harus men-cek terlebih dahulu monitor anda, apakah ada kerusakan di monitor anda, dan jangan lupa priksa kabel - kabel yang mengarah ke monitor anda.

2. Bersihkan dari debu komponen - komponen komputer anda. (luar dalam)

3. Setelah langkah satu dan dua anda lakukan, tetapi belum ada perubahan terhadap tampilan komputer anda, anda wajib membeli VGA card. Tetapi saran saya, lebih baik anda bawa ke tempat service dulu, dan tanyakan kepada mereka apa kerusakan komputer anda. Bila memang VGA nya yang rusak, anda tanya lagi, apakah MOBO anda kena juga?.

4. Berdasarkan pengalaman saya, vga bisa rusak karena suhu komputer terlalu panas. Maka dari itu bila anda mengalami kerusakan VGA sebaik nya anda cek juga mobo anda. Kalau mobo anda ada kerusakan, sebaiknya ganti mobo anda dengan yang sudah mengunakan VGA.

Perlu di perhatikan juga, bila ada kerusakan pada mobo anda, dan anda tidak menggantinya, tidak akan menjadi masalah "dalam jangka pendek". Tetapi bila anda terlalu lama menghidupkan komputer anda, bisa dipastikan VGA anda akan rusak kembali. Jadi sangat saya sarankan untuk mengganti mobo yang sudah ada VGA nya.

Memang sih ketajaman warna dari VGA bawaan mobo itu kurang bagus. tetapi dari pada anda mengganti VGA saja tanpa mengganti mobo, dan di kemudian hari VGA anda rusak lagi, mengeluarkan biaya lagi deh. Kecuali bila memang anda banyak duit, anda bisa ganti komponen mobo dan VGA sekaligus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar