Sabtu, 06 Juli 2013

Kerusakan Komponen yang Sering Terjadi pada Power Supply

Di artikel sebelumnya pernah dibahas cara gampang cek power supply, kali ini penulis akan membahas tentang kerusakan-kerusakan komponen yang sering terjadi pada power supply komputer.
Power supply adalah komponen yang digunakan untuk memberikan catudaya pada komponen-komponen yang ada di komputer, diantaranya untuk motherboard, prosesor, hardisk, cd/dvd drive, floppy disk drive dan lain sebagainya. Maka jika power supply bermaslah, maka tidak aka nada tanda-tanda kehidupan pada komputer kita.
Ada beberapa komponen yang sering kali bermasalah pada power supply, diantaranya :
  1. Kapasitor
  2. Resistor
  3. Sekring
  4. Gate
  5. Diode
Berikut langkah-langkah mengecek kerusakan komponen yang ada pada power supply :
Langkah 1
Lepas power supply dari tempatnya, lalu buka tutup power, lihat apa ada kerusakan yang terlihat diantaranya kondensator melembung, resistor terbakar. Kita juga dapat mengeceknya menggunakan ohm meter.
Langkah 2
Coba cek sekring putus atau tidak, cek menggunakan ohm meter dengan skala ukur 1Xohm, jika putus kita dapat menggantinya atau jika belum ada penggantinya, kita dapat memasang sehelai kabel halus dikaki sekring tersebut (cara ini sementara saja).
Langkah 3
Jika sekring masih dalam keadaan baik, dan tidak ada tanda-tanda terbakar, kita dapat pindah mengecek komponen yang lainn. Berikutnya cek 4 dioda menggunakan avo meter, sesuaikan posisi positif dan negatif diode dengan avo meter (garis putih untuk posisi positif dan yang tidak ada garis untuk posisi negatif).
Langkah 4
Berikutnya cek gate power switch yang nilainya 1 Mohm dan dipasang parallel.
Langkah 5
Jika komponen-komponen tersebut dipastikan rusak, kita dapat menggantinya dengan komponen yang baru (dengan catatan nilai komponen sama). Setelah komponen yang rusak diganti, coba shortkan kabel warna hijau dan warna hitam yang dikonensikan dengan motherboard (seperti artikel sebelumya) jika kipas berputar, maka power supply sudah berfungsi kembali dengan baik.
Langkah 6
Jika kipas masih belum bisa berputar, berarti masih ada komponen yang rusak, coba cek kembali IC, Transistor lainnya lebih teliti lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar