Sabtu, 06 Juli 2013

Jenis Kerusakan Komputer yang Dipicu Trojan Horse



Kebanyakan orang menganggap Trojan horse sebagai virus, tapi secara teknis Trojan sebenarnya masuk dalam kategori malware.
Terlepas dari label, Trojan horse bisa menyebabkan kerusakan parah pada komputer.
Tergantung pada jenis Trojan, efek pada komputer dapat bervariasi.
Untuk mencegah Trojan, Anda harus selalu meng-update program antivirus secara teratur.
Trojan horse mendapatkan namanya dari mitos klasik Yunani karena bekerja dengan cara yang sama – menginfeksi komputer dengan menyaru sebagai file biasa untuk kemudian aktif dan melancarkan serangan.
Berikut adalah berbagai kerusakan yang disebabkan oleh Trojan horse.

1. Kerusakan terbuka
Saat beraksi, Trojan horse mampu menyebabkan kerusakan kentara seperti menghapus file penting, mendownload file tertentu dari internet tanpa diketahui pengguna, hingga mengubah password hingga pengguna tidak dapat mengakses komputernya sendiri
2. Kerusakan tak kentara
Kerusakan akibat Trojan tidak selalu kentara. Salah satunya, Trojan memungkinkan hacker memperoleh akses remote ke komputer Anda.
Mereka juga dapat dengan diam-diam menonaktifkan software keamanan pada komputer yang terinfeksi.
Tipe file
Trojan horse dapat berupa file tunggal atau bagian dari file perangkat lunak yang lebih besar.
Dalam beberapa kasus, Anda tidak sadar turut men-download file Trojan bersamaan dengan software tertentu dan kemudian secara tidak sengaja mengaktifkannya.
Jenis pemicu
Trojan tidak bisa mengaktifkan dirinya sendiri. Mereka membutuhkan campur tangan pengguna agar aktif.
Pemicu yang membuat Trojan aktif diantaranya adalah klik, memencet tombol keyboard tertentu, atau dirancang aktif pada tanggal atau waktu tertentu.
Deteksi
Sementara program anti-virus pada umumnya mampu mendeteksi Trojan, disarankan Anda juga menginstal program anti-spyware.
Karena Trojan horse secara teknis bukan virus, dia tidak bisa mereplikasi diri sendiri dan membutuhkan interaksi dari pengguna agar dapat aktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar