Sabtu, 06 Juli 2013

Kebutuhan software dan hardware pada sebuah jaringan komputer


    HARDWARE
  • Komputer


       Yang pertama dibutuhkan untuk menyusun sebuah jaringan komputer adalah sebuah komputer itu sendiri  karena itu hardware pokok yang harus ada minimal kita punya 2 komputer untuk membuat sebuah    jaringan komputer, salah satu komputer dijadikan sebagai server.






  • Lan Card
      Lan Card ini berfungsi sebagai penyalur informasi antara komputer dalam jaringan. atau bisa disebut dengan alat untuk menghubungkan antara kabel jaringan dengan komputer.






  •  Kabel Jaringan (UTP)
          Kabel utp berfungsi sebagai penghubung antara Lan Card pada komputer yang satu dengan komputer yang lain atau penghubung antara Lan Card pada komputer dengan hub atau switch hub atau router.





  • Konektor RJ45
        Konektor ini di pasangkan di ke 2 ujung kabel UTP yang fungsinya untuk menghubungkan antara kabel dengan kartu jaringan atau Lan Card. 



  • Hub 
      Alat penghubung atar komputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. Hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana, ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di hub, maka akan tersalin ke port lainnya di hub yg sama dan semua komputer yg tersambung di hub yang sama dapat membaca paket tersebut.


  • Switch
     Sebuah alat yang menyaring/filter dan melewatkan(mengijinkan lewat) paket yang ada di sebuah LAN



  • Modem
        Modem digunakan sebagai penghubung jaringan LAN dengan internet. Dalam melakukkan tugasnya, modem akan mengubah data digital kedalam data analog yang bisa dipahami oleh kita manusia ataupun sebaliknya.





SOFTWARE


Network Operating System (NOS)


Operating sistem yang digunakan dalam buku ini adalah Microsoft Windows Server 2003, Microsoft Windows XP dan WIndows Vista untuk Client. Namun demikian Anda juga bisa menggunakan Microsoft Windows 2000 Server dan Microsoft Windows 2000 Professional, karena pada prinsipnya sama dan buku ini masih tetap bisa digunakan. Disarankan untuk saat ini sebaiknya sistem operasi server yang digunakan adalah Microsoft Windows Server 2003 dengan client Windows Vista atau Windows XP.


Program Internet Sharing

Agar semua komputer yang terkoneksi ke jaringan LAN bisa berinternet seluruhnya, Anda bisa memanfaatkan fasilitas Internet Sharing. Microsoft Windows Server 2003, Windows Vista, Windows XP, sudah menyediakan fasilitas untuk Internet Sharing Connection (ICS) dan ICF (Internet Connection Firewall). Namun demikian Anda juga bisa menggunakan apliksi lain yang disediakan penyelenggara atau ISP.


CONTOH SEBUAH JARINGAN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar